RPP KELAS V BESERTA FORMAT PENILAIAN
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SDN...
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas :
V (Lima)
Semester :
I (Satu)
Waktu :
2 X
35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengidentifikasi cara mahkluk hidup
menyesuaikan diri dengan lingkungan .
B.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi penyesuaian diri
tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.
C.
Indikator
- mengidentifikasi bentuk adaptasi tumbuhan dari musuhnya.
- menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan ciri-ciri khususnya dalam menyesuaikan diri dengan habitatnya.
D.
Tujuan.
- Melalui media gambar macam- macam tumbuhan siswa dapat menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan ciri- ciri khususnya beradaptasi terhadap habitatnya dengan benar.
- Melalui
- Melalui pengamatan macam- macam tumbuhan yang dibawa oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi tumbuhan dari musuhnya dengan benar.
- kegiatan tebak kata, siswa dapat menyebutkan tumbuhan yang beradaptasi dari musuhnya dengan benar.
E.
Materi
Ajar
- Pengertian Adaptasi
Adaptasi adalah
cara mahkluk hidup mengatasi tekanan sekitarnya untuk bertahan hidup.
Tumbuhan perlu melindungi diri dari musuhnya untuk menjaga kelangsungan
hidup dan kelestarian jenisnya. Tumbuhan tidak bias lari seperti tubuhan, maka
tumbuhan mempunyai bagian tubuh yang berfungsi untuk melindungi diri agar
dapat hidup dan berkembang biak.
- Duri- duri yang tajam, seperti mawar, durian dan kaktus
- Bulu, seperti bambu, jelantang dan rotan
- Getah, seperti kamboja, nangka
- Rasa yang sepat atau pahit, seperti buah belimbing, jambu biji
- Bau tidak sedap, seperti bunga bangkai, kenanga
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian
bentuk tubuh untuk kelangsungan hidupnya. Contohnya daun khusus pada tumbuhan
serta akar pada tumbuhan yang hidup di gurun
a. tumbuhan
venus
Tumbuhan venus flytrap menangkap
mangsanya dengan daun-daun khusus.
Tumbuhan ini menangkap serangga
memiliki daun berhelai ganda dan bergerigi. Lalat atau serangga yang
hinggap akan terperangkap pada ruang diantara helaian daun . nitrogen yang
dibutuhkan oleh venus tidak di peroleh dari sari-sari makanan yang dihisap dari
dalam tanah melainkan dari hewan-hewan kecil yang hinggap pada daun. Tumbuhan
venus akan menutup daunya dengan cepat apabila ada serangga yang hinggap pada
daun tumbuhan venus. lihat gambar
diatas.
b. kantong
semar
Selama ini kita mengenal bahwa
tumbuhan dapat membuat makanan semdiri dengan fotosintesis. Selain itu tumbuhan
juga merupakan sumber makanan bagi mahkluk lain tapi tumbuhan kantong semar
memiliki ciri khusus yaitu memakan serangga. Bunga kantong semar sangatlah
indah. Kantong pada bunga ini berisi nektar (cairan manis bahan pembuat madu ).
Inilah yang menarik serangga sehingga hinggap diatasnya. Bibir kantong ini
licin sehingga serangga akan terpeleset dan jatuh kedalam cairanyang terletak
dibawah kantong. Cairan inilah yang akan menghancurkan serangga selanjutnya
daun akan menyerap zat makanan dari tbuh serangga tersebut.
c. Eceng
gondok
Eceng gondok adalah tumbuhan yang
hidup di air. Eceng gondok hidup mengapung di air dan kadang-kadang berakar
dalam tanah. Daunya tunggal dan berberntuk oval. Ujung dan pangkalnya
meruncing, pangkal tangkai daun menggelembung. Permukaan daunnya licin dan
berwarna hijau. Bunganya termasuk bunga majemuk , berbentuk bulir, kelopaknya
berbenruk tabung. Bijinya berbentuk bulat dan berwarna hitam. Buahnya berbentuk
kotak beruang tiga dan berwarna hiajau. Akarnya serabut. Batang yang
menggelembung berfungsi untuk mengapung di air. Daunya yang lebar dan licin
berfungsi untuk mempercepat penguapan dan daunya tidak basah jika terkena air.
d. Teratai
Di manakah habitat tanaman teratai?
Teratai hidup di air, umumnya di kolam. Karena keindahan bunganya teratai
banyak dijadikan tanaman hias . untuk dapat hidup dilingkungan air teratai
diciptakan sempurna oleh tuhan teratai memiliki daun yang lebar dan tipis .
ciri khusus ini digunakan untuk memperbesar proses penguapan air dari dalam
tubuhnya. Kandungan air yang terlalu banyak dibuang melalui penguapan daun. Hal
ini untuk mempertahankan taeratai agar tidak busuk , walaupun hidupnya di air.
Daun yang tipis adalah salah satu cara agar daun teratai dapat terus terapung
di atas air. Ciri khusus lainya adalah
batangnya yang berongga memiliki fungsi sebagai jalan keluarnya udara hal ini
juga yang menjadikan teratai terapung di atas permukaan air. Akar teratai
berada di bawah air, akar ini menambatkan diri dengan kuat didalam lumpur di
dasar air ini berrguna untuk menahan arus air.
F.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
- Pendekatan Cooperative Learning
- Metode tebak kata
- Dikusi
- Tanya jawab.
- Penugasan
- Ceramah
G.
Langkah-langkah
Kegiatan
1. Kegiatan
Awal
- Guru mengkondisikan siswa untuk mengikuti proses pelajaran.
- Guru mengecek kesiapan siswa,media dan kelengkapan belajar.
- Guru melakukan apersepsi dengan menyanyikan lagu “lihat kebun ku” yang di ubah liriknya.
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
- Siswa bersama guru mengkaitkan apersepsi dengan pembelajaran.
- Siswa mengamati beraneka tumbuhan yang dibawa guru.
- Siswa mengamati media gambar macam- macam tumbuhan, dan menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan ciri- ciri khususnya beradaptasi terhadap habitatnya.
b. Elaborasi
- Siswa dikelompokan ke dalam 5 tim (akar,batang,daun,bunga dan buah)
- Setiap ketua tim di beri kartu berwarna merah yang berisi klu dari pertanyaan.
- Anggota dari tim memegang kartu berwarna hijau yang berisi jawaban.
- Ketua tim maju dan berhadapan dengan anggotanya dengan memegang kartu yang berwarna merah.
- Anggota tim membacakan klu dari pertanyaan yang terdapat di kartu merah,dan ketua tim menebak apa yang di maksud dalam kartu merah.
- Jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu kuning.Ketua tim tidak boleh tahu isi dari kartu kuning.
- Siswa secara berkelompok mengisi LKS yang telah disediakan.
c. konfirmasi
- Guru memberi penghargaan dan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah selesai terlebih dahulu.
- Guru memberikan skor di papan skor bagi kelompok yang menjawab benar.
- Guru memberikan tanggapan kepada kelompok yang maju.
- Guru bersama siswa bertanya jawab tentang kesalahan pemahaman tiap materi, dan memberikan penguatan.
- Guru dan siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan
penutup
- Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari.
- Guru memberi kesempatan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
- Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
- Berdoa
H.
Sumber dan alat peraga
- Buku paket IPA kelas V sekolah dasar.
- Internet
- Kusumawati, rohana, dkk. 2008. IPA Salingtemas untuk kelas V SD/MI. Jakarta. Bse.
- Aneka tumbuhan (mawar,salak,jambu biji dll) serta gambar-gambar tumbuhan.
I.
Penilaian
- Prosedur Tes : proses dan akhir
- Jenis Tes : lisan dan tertulis
- Teknik Tes : Tes dan Non Tes ( Pengamatan)
- Bentuk Tes : uraian
- Alat Tes : LKS, soal, kunci jawaban, kriteria penilaian, kisi-kisi soal.
Mengetahui
Kepala
Sekolah ....
![]()
NIP
|
![]() |
Cirebon, ....
Guru Kelas V
NIP
|
LAMPIRAN
LEMBAR KERJA SISWA
Sekolah
: SD Negeri ...
Kelas/
semester : V/ I
Mata Pelajaran
: IPA
I. Tujuan
Siswa dapat
mengetahui cara tumbuhan mempertahankan hidup.
II. Petunjuk
- Berdiskusilah dengan kelompokmu yang anggotanya terdiri dari 4- 5 siswa.
- Bacalah petunjuk- petunjuk yang ada pada setiap soal.
- Jawablah pertanyaan di lembar yang sudah disediakan.
III. Lembar Hasil Diskusi
No
|
Nama Tumbuhan
|
Cara Beradaptasi
|
1
|
Mempunyai batang berduri
|
|
2
|
Mempunyai rasa asam/ pahit
|
|
3
|
Memiliki daun berduri
|
|
4
|
Mempunyai bulu yang menyebabkan gatal
|
|
5
|
Mempunyai getah
|
|
6
|
Mempunyai bau menyengat
|
|
No
|
Tumbuhan
|
Cara beradaptasi
|
Habitat
|
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
10
|
Nama Kelompok:
1.
…………….
2.
…………….
3.
…………….
4.
……………..
5.
……………..
6.
……………..
Paraf Guru: …..
LEMBAR PENILAIAN
Sekolah
: SDN ...
Mata
Pelajaran
: IPA
Kelas/
Semester
: V/ I
Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.
Apakah
pengertian adaptasi dan habitat ?
Jawab:
2.
Jelaskan bentuk- bentuk adaptasi
tumbuhan dengan habitatnya!
Jawab:
3. Jelaskan bentuk- bentuk adaptasi tumbuhan dari musuhnya!
Jawab:
4. Sebutkan 3 contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan mengeluarkan getah!
Jawab:
5. Sebutkan 3 contoh tumbuhan yang menyesuaikan diri hidup di air!
Jawab:
Nama
: …………..
No. absen : …………
KUNCI JAWABAN
·
Lembar Kerja Siswa
1.
Mawar
2.
belimbing
3.
kaktus
4.
bambu
5. nangka
6.
bunga
bangkai
7. akarnya
mempunyai akar napas yang mengambil oksigen dalm udara,
habitatnya di air.
8. mempunyai
rongga pada batang serta daunya lebar, habitatnya di air
9. menyimpan
air dalm batang. Habitatnya di daerah gurun.
10.
melakukan penguapan lewat daun yang lebar dan tipis. Habitatnya di air
· Lembar Penilaian
1. Adaptasi
adalah cara mahkluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya.Habitat adalah tempat tumbuhan
hidup.
b. Daun lebar untuk menambah penguapan
c. Batang berongga untuk menyimpan air
d. Akar menyebar untuk menyerap air.
b. mempunyai bulu yang menyebabkan gatal
c. mempunyai getah
d. mempunyai rasa asam/ pahit
4. Kamboja, nangka, pinus
5. Teratai, enceng
gondok, kangkung
KRITERIA PENILAIAN
· Lembar Kerja Siswa
a.
Penilaian Proses Diskusi
No.
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Kerja sama
|
o Sangat bekerja
sama
o Bekerja sama
o Cukup bekerja sama
o Kurang bekerja
sama
o Tidak bekerja sama
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Keaktifan
|
o Sangat aktif
o Aktif
o Cukup aktif
o Kurang aktif
o Tidak aktif
|
5
4
3
2
1
|
3.
|
Partisipasi
|
o Sangat berpartisipasi
o Berpartisipasi
o Cukup berpartisipasi
o Kurang berpartisipasi
o Tidak berpartisipasi
|
5
4
3
2
1
|
b.
Penilaian Hasil diskusi
1 soal benar nilainya 2, jadi nilai maksimal: (10 x 2)/ 20 x 100 = 100
· Lembar
Penilaian
1 soal benar nilainya 4, jadi nilai maksimal:
( 5x 4) x 5 = 100
LEMBAR PENILAIAN HASIL
SDN...
Kelas V
No
|
Nama
|
Nilai
|
Keterangan
|
LEMBAR PENILAIAN PROSES DISKUSI
SDN..
KELAS V
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Ket
|
||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Partisipasi
|
||||
Komentar
Posting Komentar