RPP KELAS V BESERTA FORMAT PENILAIAN


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SDN...
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                : V (Lima)
Semester          : I (Satu)
Waktu              : 2  X  35 menit

A.    Standar Kompetensi
Mengidentifikasi cara mahkluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan .
B.     Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.
C.    Indikator
  1. mengidentifikasi bentuk adaptasi tumbuhan dari musuhnya.
  2. menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan ciri-ciri khususnya dalam menyesuaikan diri dengan habitatnya.
D.    Tujuan. 
  1.  Melalui media gambar macam- macam tumbuhan siswa dapat menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan ciri- ciri khususnya beradaptasi terhadap habitatnya dengan benar. 
  2.  Melalui
  3.  Melalui pengamatan macam- macam tumbuhan yang dibawa oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi tumbuhan dari musuhnya dengan benar.
  4. kegiatan tebak kata, siswa dapat menyebutkan tumbuhan yang beradaptasi dari musuhnya dengan benar.
E.     Materi Ajar
  1. Pengertian Adaptasi
Adaptasi adalah cara mahkluk hidup mengatasi tekanan sekitarnya untuk bertahan hidup.
Tumbuhan perlu melindungi diri dari musuhnya untuk menjaga kelangsungan hidup dan kelestarian jenisnya. Tumbuhan tidak bias lari seperti tubuhan, maka tumbuhan mempunyai bagian tubuh yang  berfungsi untuk melindungi diri agar dapat hidup dan berkembang biak.
  • Duri- duri yang tajam, seperti mawar, durian dan kaktus
  • Bulu, seperti bambu, jelantang dan rotan
  • Getah, seperti kamboja, nangka
  • Rasa yang sepat atau pahit, seperti buah belimbing, jambu biji
  • Bau tidak sedap, seperti bunga bangkai, kenanga  
2.  Adaptasi pada tumbuhan
     Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh untuk kelangsungan hidupnya. Contohnya daun khusus pada tumbuhan serta akar pada tumbuhan yang hidup di gurun
a.       tumbuhan venus
            Tumbuhan venus flytrap menangkap mangsanya dengan daun-daun khusus.  Tumbuhan ini menangkap serangga  memiliki daun berhelai ganda dan bergerigi. Lalat atau serangga yang hinggap akan terperangkap pada ruang diantara helaian daun . nitrogen yang dibutuhkan oleh venus tidak di peroleh dari sari-sari makanan yang dihisap dari dalam tanah melainkan dari hewan-hewan kecil yang hinggap pada daun. Tumbuhan venus akan menutup daunya dengan cepat apabila ada serangga yang hinggap pada daun tumbuhan venus.  lihat gambar diatas.
b.      kantong semar
            Selama ini kita mengenal bahwa tumbuhan dapat membuat makanan semdiri dengan fotosintesis. Selain itu tumbuhan juga merupakan sumber makanan bagi mahkluk lain tapi tumbuhan kantong semar memiliki ciri khusus yaitu memakan serangga. Bunga kantong semar sangatlah indah. Kantong pada bunga ini berisi nektar (cairan manis bahan pembuat madu ). Inilah yang menarik serangga sehingga hinggap diatasnya. Bibir kantong ini licin sehingga serangga akan terpeleset dan jatuh kedalam cairanyang terletak dibawah kantong. Cairan inilah yang akan menghancurkan serangga selanjutnya daun akan menyerap zat makanan dari tbuh serangga tersebut.
c.       Eceng gondok
            Eceng gondok adalah tumbuhan yang hidup di air. Eceng gondok hidup mengapung di air dan kadang-kadang berakar dalam tanah. Daunya tunggal dan berberntuk oval. Ujung dan pangkalnya meruncing, pangkal tangkai daun menggelembung. Permukaan daunnya licin dan berwarna hijau. Bunganya termasuk bunga majemuk , berbentuk bulir, kelopaknya berbenruk tabung. Bijinya berbentuk bulat dan berwarna hitam. Buahnya berbentuk kotak beruang tiga dan berwarna hiajau. Akarnya serabut. Batang yang menggelembung berfungsi untuk mengapung di air. Daunya yang lebar dan licin berfungsi untuk mempercepat penguapan dan daunya tidak basah jika terkena air.
d.      Teratai
            Di manakah habitat tanaman teratai? Teratai hidup di air, umumnya di kolam. Karena keindahan bunganya teratai banyak dijadikan tanaman hias . untuk dapat hidup dilingkungan air teratai diciptakan sempurna oleh tuhan teratai memiliki daun yang lebar dan tipis . ciri khusus ini digunakan untuk memperbesar proses penguapan air dari dalam tubuhnya. Kandungan air yang terlalu banyak dibuang melalui penguapan daun. Hal ini untuk mempertahankan taeratai agar tidak busuk , walaupun hidupnya di air. Daun yang tipis adalah salah satu cara agar daun teratai dapat terus terapung di atas air.  Ciri khusus lainya adalah batangnya yang berongga memiliki fungsi sebagai jalan keluarnya udara hal ini juga yang menjadikan teratai terapung di atas permukaan air. Akar teratai berada di bawah air, akar ini menambatkan diri dengan kuat didalam lumpur di dasar air ini berrguna untuk menahan arus air.

F.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan Cooperative Learning
  2. Metode tebak kata
  3. Dikusi
  4. Tanya jawab.    
  5. Penugasan
  6. Ceramah
G.    Langkah-langkah Kegiatan
1.      Kegiatan Awal
  • Guru mengkondisikan siswa untuk mengikuti proses pelajaran.
  • Guru mengecek kesiapan siswa,media dan kelengkapan belajar.
  • Guru melakukan apersepsi dengan menyanyikan lagu “lihat kebun ku” yang di ubah liriknya.
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
  • Siswa bersama guru mengkaitkan apersepsi dengan pembelajaran.
  • Siswa mengamati beraneka tumbuhan yang dibawa guru.
  • Siswa mengamati media gambar macam- macam tumbuhan, dan menyebutkan 3 contoh tumbuhan dan ciri- ciri khususnya beradaptasi terhadap habitatnya.
b.      Elaborasi
  •  Siswa dikelompokan ke dalam 5 tim (akar,batang,daun,bunga dan buah)
  • Setiap ketua tim di beri kartu berwarna merah yang berisi klu dari pertanyaan.
  •  Anggota dari tim memegang kartu berwarna hijau yang berisi jawaban.
  •   Ketua tim maju dan berhadapan dengan anggotanya dengan memegang kartu yang berwarna merah.
  • Anggota tim membacakan klu dari pertanyaan yang terdapat di kartu merah,dan ketua tim menebak apa yang di maksud dalam kartu merah. 
  • Jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu kuning.Ketua tim tidak boleh tahu isi dari kartu kuning.
  •  Siswa secara berkelompok mengisi LKS yang telah disediakan.
c.       konfirmasi
  • Guru memberi penghargaan dan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah selesai terlebih dahulu.
  • Guru memberikan skor di papan skor bagi kelompok yang menjawab benar.
  • Guru memberikan tanggapan kepada kelompok yang maju.
  • Guru bersama siswa bertanya jawab tentang kesalahan pemahaman tiap materi, dan  memberikan penguatan.
  • Guru dan siswa membuat kesimpulan.
3.      Kegiatan penutup
  •  Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari.
  •  Guru memberi kesempatan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
  • Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
  •  Berdoa
H.    Sumber dan alat peraga
  1. Buku paket IPA kelas V sekolah dasar.
  2. Internet
  3.  Kusumawati, rohana, dkk. 2008. IPA Salingtemas untuk kelas V SD/MI. Jakarta. Bse.
  4. Aneka tumbuhan (mawar,salak,jambu biji dll) serta gambar-gambar tumbuhan.
I.       Penilaian
  1. Prosedur Tes  : proses dan akhir
  2. Jenis Tes        : lisan dan tertulis
  3. Teknik Tes    : Tes dan Non Tes ( Pengamatan)
  4. Bentuk Tes    : uraian
  5. Alat Tes        : LKS, soal, kunci jawaban, kriteria penilaian, kisi-kisi soal.






Mengetahui
Kepala Sekolah ....



   
NIP
Cirebon, ....


Guru Kelas V



      
NIP

    











LAMPIRAN
LEMBAR KERJA SISWA
Sekolah                 : SD Negeri ...
Kelas/ semester    :  V/ I
Mata Pelajaran    :  IPA

I.       Tujuan
         Siswa dapat mengetahui cara tumbuhan mempertahankan hidup.

II.    Petunjuk
  1. Berdiskusilah dengan kelompokmu yang anggotanya terdiri dari 4- 5 siswa.
  2. Bacalah petunjuk- petunjuk yang ada pada setiap soal.
  3. Jawablah pertanyaan di lembar yang sudah disediakan.

III. Lembar Hasil Diskusi
No
Nama Tumbuhan
Cara Beradaptasi
1

Mempunyai batang berduri
2

Mempunyai rasa asam/ pahit
3

Memiliki daun berduri
4

Mempunyai bulu yang menyebabkan gatal
5

Mempunyai getah
6

Mempunyai bau menyengat




No
Tumbuhan
Cara beradaptasi
Habitat
7


8


9


10




Nama Kelompok:
1.      …………….
2.      …………….
3.      …………….
4.      ……………..
5.      ……………..
6.      ……………..


      Paraf Guru: …..




LEMBAR PENILAIAN
Sekolah                          : SDN ...
Mata Pelajaran               : IPA
Kelas/ Semester              : V/ I

Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan benar!

1.      Apakah pengertian adaptasi dan habitat ?
Jawab:
2.      Jelaskan bentuk- bentuk adaptasi tumbuhan dengan habitatnya!
Jawab:
3.      Jelaskan bentuk- bentuk adaptasi tumbuhan dari musuhnya!
Jawab:
4.      Sebutkan 3 contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan mengeluarkan getah!
Jawab:
5.      Sebutkan 3 contoh tumbuhan yang menyesuaikan diri hidup di air!
Jawab:

         







Nama               : …………..
No. absen         : …………










KUNCI JAWABAN

·     Lembar Kerja Siswa

1.   Mawar
2.   belimbing
3.   kaktus
4.   bambu
5.  nangka
6.   bunga bangkai
7. akarnya mempunyai akar napas yang mengambil oksigen dalm udara,
     habitatnya di air.
8. mempunyai rongga pada batang serta daunya lebar, habitatnya di air
9. menyimpan air dalm batang. Habitatnya di daerah gurun.
10. melakukan penguapan lewat daun yang lebar dan tipis. Habitatnya di air


·     Lembar Penilaian
1.  Adaptasi adalah cara mahkluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya.Habitat adalah tempat tumbuhan hidup.
2.  a. Mengugurkan daun, untuk mengurangi penguapan
b. Daun lebar untuk menambah penguapan
c. Batang berongga untuk menyimpan air
d. Akar menyebar untuk menyerap air.
3.      mempunyai duri
b. mempunyai bulu yang menyebabkan gatal
c. mempunyai getah
d. mempunyai rasa asam/ pahit
4.   Kamboja, nangka, pinus
5. Teratai, enceng gondok, kangkung








KRITERIA PENILAIAN

·         Lembar Kerja Siswa
a.       Penilaian Proses Diskusi
No.
Indikator
Deskriptor
Skor
1.



Kerja sama



o   Sangat bekerja sama
o   Bekerja sama
o   Cukup  bekerja sama
o   Kurang bekerja sama
o   Tidak bekerja sama
5
4
3
2
1
2.



Keaktifan



o   Sangat   aktif
o   Aktif
o   Cukup  aktif
o   Kurang  aktif
o   Tidak aktif
5
4
3
2
1
3.
Partisipasi
o   Sangat   berpartisipasi
o   Berpartisipasi
o   Cukup  berpartisipasi
o   Kurang  berpartisipasi
o   Tidak berpartisipasi
5
4
3
2
1
b.      Penilaian Hasil diskusi
1 soal benar nilainya 2, jadi nilai maksimal: (10 x 2)/ 20 x 100 = 100

·         Lembar Penilaian
1 soal benar nilainya 4, jadi nilai maksimal:
              ( 5x 4) x 5 = 100
















LEMBAR PENILAIAN HASIL
SDN...
Kelas V
No
Nama
Nilai
Keterangan










LEMBAR PENILAIAN PROSES DISKUSI
SDN..
KELAS V
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Ket
Kerjasama
Keaktifan
Partisipasi























Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH HAMBATAN PENDENGARAN (TUNARUNGU)

REVIEW SMARTPHONE

Perawatan Wajah saat Puasa, bisa Batal ?